KUPAS BUDAYA INDONESIA

Mengenal Wayang Pandawa Lima


mengenal pandawa lima
Sobat Panglipur – Dalam pakeliran wayang kita sering mendengar tentang tokoh lima bersaudara yang terkenal dengan Pandawa Lima. Dalam kisahnya pandawa lima merupakan putra dari seorang tokoh wayang yang bernama Pandu Dewanata. Tiga orang dilahirkan dari istri Pandu yang bernama Dewi Kunti dan dua orang lagi dilahirkan oleh Dewi Madri.
Meskipun terlahir dari ibu yang berbeda persaudaraan Pandawa Lima tidaklah menjadi renggang. Dalam kesehariannya mereka selalu saling membantu baik dalam pahit maupun manis. Dari lima bersaudara tersebut memiliki karakter kebaikan meskipun dengan sifat-sifat yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Yudistira
Merupaka putra tertua yang merupakan buah perkawinan antara Pandu dan Dewi Kunti. Sebagai saudara tertua yudistira memiliki sifat yang bijaksana, pemaaf, tidak memiliki musuh. Diantara saudara-saudaranya dia terkenal sebagai tokoh yang jujur, dan mudah memberikan ampun jika dalam perang lawannya menyerah dan tidak berdaya. Yudistira sebagai titisan dari Dewa Yama merupakan gambaran tokoh yang taat beragama dan bermoral tinggi.

Bima
Merupakan putra kedua dari Pandu dan Dewi Kunti. Semasa hidupnya Bima merupakan seorang ksatria yang bertubuh tinggi besar dengan sifat yang pemberani, jujur, teguh pendirian. Dalam perang Bima mahir menggunakan senjata yang bernama Gada. Sebagai ksatria titisan Dewa Bayu, tokoh Bima sangat berperan dalam memenangkan peperangan. Selain memiliki senjata yang bernama Gada, Bima juga memiliki senjata lain yang merupakan kuku ibu jari yang sanggup menjadikan lawannya tak berdaya bahkan mati jika terkena Kuku Pancanaka milik Bima.

Arjuna
Merupakan putra ketiga dari Pandu dan Dewi Kunti. Dalam dunia pewayangan khususnya wayang golek biasa disebut putra panengah pandawa. Sebagai titisan Dewa Indra, dia sangat mahir dalam menyusun strategi perang. Senjata panah merupakan keahliannya. Ketika perang di Kurusetra arjuna menjadi tumpuan saudara-saudaranya karena bisa membunuh lawan dari jarak jauh dengan panahnya. Arjuna merupaka seorang tokoh pewayangan yang memiliki ketampanan yang sangat luar biasa, sangat sopan, cerdik, lembut hati serta pendiam.

Nakula
Merupan putra Pandu dari Dewi Madri, Sebagai titisan dewa pengobatan yaitu Dewa Aswin nakula memiliki karakter yang Nakula adalah tokoh pandawa lima yang tangguh, pria tampam di dunia dan mahir dalam menggunakan pedang. Ia memiliki sifat atau karakter yaitu tahu balas budi, jujur, pandai menjaga rahasia, setia dan taat kepada orang tua.

Sadewa
Saudara kembar dari Nakula yang juga putra pandu dari Dewi Madri. Seperti saudaranya Sadewa merupaka titisan dari Dewa Aswin yang dikenal sebagai dwa pengobatan. Setelah Dewi Madri meninggal Nakula dan Sadewa dipelihara oleh Dewi Kunti yang merupakan ibu dari tiga orang saudaranya. Sebagai ksatria Pandawa, tokoh sadewa memiliki gambaran sifat yang tahu balas budi, jujur, pandai menjaga rahasia, setia dan taat kepada orang tua.

pandawa lima

Pandawa lima semasa hidupnya merupakan gambaran dari tokoh protagonis dalam dunia pewayangan. Karakter baik hati dan tidak pernah berbuat onar, tapi tidak pernah mundur ketika menghadapi lawan setangguh apapun. Dengan didampingin oleh bimbingan tokoh Semar dan Panakawan lainnya, mampu menjadikan Pandawa Lima sebagai penjelmaan sifat baik yang ada dalam diri manusia

Sobat panglipur, itulah gambaran dari tokoh wayang pandawa lima. Meskipun tidak terurai secara terperinci tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Sampai jumpa dikesempatan berikutnya.

0 comments:

Post a Comment