KUPAS BUDAYA INDONESIA

Mengenal Alat Musik Kecapi Sunda

mengenal kecapi sunda
Sobat Panglipur – Kecapi sunda merupakan salah satu alat musik karawitan yang dimainkan dengan cara dipetik. Dengan berbekal 20 senar kecapi sunda biasanya disetting menggunakan 3 laras yaitu pelog, salendro, madenda.

Kacapi sunda bisa dimainkan secara mandiri atau biasa disebut kacapi tunggal, atau bisa berkolaborasi dengan alat musik yang lain. Alat musik yang biasa dimainkan bersama dengan kacapi adalah suling atau rebab. Tapi jika pada pagelaran yang besar bisa digabungkan dengan berbagai alat karawitan yang lengkap.

Pada pagelaran degung biasanya kacapi dimainkan dengan waditra ( alat musik karawitan ) yang lengkap. Penggunaan alat musik kacapi yang lumrah dan terkenal yaitu kesenian kecapi suling. Untuk memainkan kecapi suling biasanya disetting dengan laras pelog.

Acara-acara yang biasa mempertontonkan kesenian kecapi sunda yaitu ketika upacara adat serah terima pengantin.
Mempelai laki-laki biasanya disambut dengan alunan kacapi suling, yang diikuti tarian adat sunda oleh Ki Lengser. Sebagai alat musik tradisional perkembangan kecapi pada saat ini sangat memprihatinkan. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat dari para generasi muda untuk mempelajarinya.

Jika dimainkan oleh orang yang ahli, akan menghasilkan performa yang sangat luar biasa. Meskipun hanya permainan kecapi tunggal ( tanpa di iringi alat musik lain ) tapi akan terdengar seperti memainkan alat musik yang lengkap. Dengan kemampuan ahli seolah-olah akan mendengar suara alat musik lain seperti suara kendang, saron, panerus dan goong.

Salah satu pemain kacapi tunggal yang sangat terkenal yaitu Hj. Yoyoh Supriatin yang biasa memainkan kecapi dalam laras salendro.

Detail kecapi sunda memiliki 20 senar yang terbagi dalam 5 nada, dan mencapai 3 oktaf. Baik laras pelog, salendro maupun madenda sama menggunakan tangga nada Da, Mi, Na, Ti, La.
Cuma ada sedikit perbedaan antara ketiga laras tersebut adalah pada tinggi rendahnya nada.

Berhubung saat ini saya sedang kurang enak badan, mengenai cara setting kecapi sunda akan saya bahas pada kesempatan selanjutnya.

Sobat panglipur, rupanya itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kal ini. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan.

0 comments:

Post a Comment