KUPAS BUDAYA INDONESIA

Perkembangan Tari Jaipong


perkembangan tari jaipong

Sobat Panglipur – Tari Jaipong merupakan kebudayaan sunda yang sudah terkenal ke mancanegara. Sejak kemunculannya banyak orang mempelajari, meneliti, dan banak pula yang hanya menikmati sebagai tontonan.

Tari jaipong tidak serta-merta ada dengan sendirinya, tapi merupakan sebuah kreasi lanjutan dari beberapa tarian pendahulunya. Seperti yang tertuang di  syair lagu sunda Adumanis seperti ini “ Ketuk tilu baheulana, klasik jeung pencak silat “ tari jaipong merupakan improvisasi dari H Suanda dari Karawang sekitar tahun 1976.

Tari Jaipong merupakan perpaduan dari beberapa tarian ketuk tilu, pencak silat, wayang golek dan beberapa pola gerak dari tarian sunda yang lain. Jika dilihat dari pola gerakannya tari japong memiliki ciri khas yang cukup unik, karena terdiri dari beberapa penerapan karakter, seperti gagah, ringan, lincah ( rancingeus ), menggoda karena ada beberapa orang yang menyebutkan bahwa gerak tari jaipong terkesan erotis, dipadukan dengan pembawaan perangai penari yang gumeulis ( kemayu ), tapi tidak luput dari gerakan-gerakan yang lucu mengundang gelak tawa.

mengenal tari jaipong


Selain gerakan yang luwes, serasi dengan lantunan waditra sunda, tari jaipong terlihat atraktif yang dibuktikan dengan kemampuan penari untuk mengikuti ketukan kendang yang mendominasi alunan musik.

Gerakan-gerakannya masih banyak terpengaruh oleh gerakan seni beladiri pencak silat. Salah satu ciri khas yang sangat nampak dari tari jaipong adalah geakannya mampu mengimbangi ketukan kendang yang terkadang sangat cepat dibeberapa kesempatan. Hal ini bagi penari yang kurang ahli akan sedikit kesulitan dalam menyesuaikan gerakannya.

Beberapa trik yang sering terlihat dimainkan oleh penari ketika irama kendang mulai meningkat maka akan diiringi dengan gerakan tangan dan badan yang sangat cepat. Jika satu ayunan tidak cukup dengan satu ketukan maka gerakan tersebut menjadi patah-patah sesuai dengan suara kendang.

Tidak hanya tangan dan kaki saja yang dituntut harus bisa mengimbangi kecepatan ketukan kendang, tapi gerak tubuh dan kepala juga akan nampak memperindah penampilan penari.
Tari jaipong merupakan sebuah tarian tradisional sunda yang diperuntukan bagi masyarakat luas yang ingin hiburan, jadi tidak hanya perempuan saja yang boleh membawakan tarian ini. Laki-laki juga bisa menari jaipong, bahkan pada beberapa kesempatan sering kita lihat tari jaipong dibawakan oleh pasangan laki-laki dang perempuan.

Seiring perkembangan dunia kesenian tarian ini cepat berkembang ke berbagai pelosok. Sehingga yang semula cikal bakalnya dari cianjur, setelah tersebar menjadikan tari jaipong memiliki banyak gaya sesuai dengan daerah yang mengembangkannya. Beberapa gaya tari jaipong diantaranya : jaipong asli cianjuran, jaipong bandung, jaipong gaya kaleran.

Sebagai kesenian sunda yang sarat dengan improvisasi, maka tidak dipungkiri lagi bahwa Tari Jaipong menjadi salah satu ikon kebudayaan masyarakat sunda. Meskipun banyak kesenian-kesenian yang lain tapi orang yang berasal dari luar jawa barat lebih mengenal tari jaipong dibanding dengan yang kesenian lain.

Banyak daya Tarik yang terkandung dalam tarian ini dimulai dari gerak penarinya, kostum atau penampilan penari, dan juga irama yang mengiringi sangat menarik untuk dinikmati

Sobat  panglipur, rupanya cukup sekian dulu yang bisa saya sapaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment