KUPAS BUDAYA INDONESIA

Metode Pembelajaran Kacapi Pelog


metode pembelajaran kacapi pelog

Sobat Panglipur – Untuk bisa menjadi pemain kacapi yang handal, sudah dipastikan kita harus melalui proses pembelajaran. Untuk mempermudah dalam melakukan proses belajar akan lebih baik jika dipandu oleh seorang guru ahli dalam bidangnya.

Tapi bagi anda yang ingin belajar secara otodidak, saya akan memberikan metode pembelajaran kacapi sunda agar dapat mempermudah dalam memahami teknik bermain kacapi sunda dengan laras pelog. Hal yang perlu kita perhatikan adalah seperti yang akan saya paparkan

Sistem Notasi

Hal dasar yang harus diketahui dalam bermain kacapi pelog. Kacapi sunda laras pelog menggunakan notasi Da Mi Na Ti La Da. Satu oktaf laras kacapi pelog adalah 5 nada maka jika senar atau dawai kacapi sebanyak 20 maka terdiri dari 4 oktaf.

Untuk menunjukan tinggi rendah nada menggunakan tanda titik.
Jika nada tinggi maka menggunakan titik dibawah nada, jika nada rendah maka ditambahkan titik diatas nada. Untuk menunjukkan nilai atau harga sebuah nada maka menggunakan garis diatas nada tersebut. Jarak interval antar nada yang satu dengan lainnya adalah 400 > 80 > 240 > 400 > 80.

Seperti yang terlihat pada gambar dibawah, Jarak antar dot itu nilainya 80 cent


metode belajar kacapi pelog


Penjarian

Untuk mempermudah mempelajari kacapi maka posisi jari harus terlatih untuk ditempatkan ditempat yang tepat. Menurut panduan yang diberikan oleh Heri Herdini, Posisi tangan kanan biasanya disimbolkan dengan T.Ka dan untuk tangan kiri disimbolkan dengan T.Ki, ibu jari simbolnya B dan jari telunjuk simbolnya A.

Pola tabuhan

Dalam memainkan kacapi sunda ada beberapa pola tabuhan yang biasa dimainkan yaitu :

Tabuhan pasieupan yang merupakan salah satu pola pirigan yang secara umum dalam permainan kacapi seperti cacag, beulit, golosor, papageran turun, gulung, ambahan, nunggu, méréan, tutup, cindek, liliwatan, buntut, santok, aweuhan, kulincer dan kemprang barung.
Tabuhan ini biasanya dilangsungkan pada saat dimulainya sebuah lagu atau bisa juga disebut intro, dan juga mengiringi kawih sunda cianjuran layaknya sebuah rebab dalam pagelaran gending waditra lengkap.

Tabuhan kemprangan yang biasanya dimainkan beriringan dengan pola tabuhan pasieupan, dan biasanya digunakan dalam pementasan kawih sunda cianjuran, serta kacapi pantun. Baik tabuhan pasieupan atau tabuhan kemprangan memerlukan keahlian yang khsus karena pola permainan dengan tempo yang terkadang sangat cepat dan butuh keselarasan antara jari tangan kiri dengan jari tangan kanan

Tabuhan kait adalah pola tabuhan yang biasa dilantunkan dalam permainan kacapi sunda pada umumnya. Dalam memainkan kacapi dengan pola tabuhan kait tidak memerlukan kehalian khusus. Biasanya para pemula memulai belajar kacapi sunda menggunakan pola ini. Pola ini sangat cocok diiringi oleh alunan suara suling, atau bisa juga dengan iringan kawih sunda.

Dalam pola kait ada beberapa cara diantaranya : Mangkat, Pungkas, Jengkat, Pancer, Ayun, Madakeun, dan Peupeuntasan.

metode pembelajaran kacapi pelog


Mengenai detai masing-masing pola saya merasa sulit untuk menerangkan dengan menggunakan bahasa tulisan, jika sudah memiliki senggang waktu akan saya coba memberikan tutorial secara detail dari awal sampai akhir dalam bentuk VIDEO, ( kameranya belum punya kang …. )

Oke sobat panglipur, rupanya sekian dulu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.

0 comments:

Post a Comment