KUPAS BUDAYA INDONESIA

Pedoman Hidup Orang Sunda Bagian 1

pedoman hidup orang sunda

Sobat Panglipur – Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai karakter budaya sunda, maka sebagai sesi lanjutan kita akan mengupas pedoman hidup orang sunda.

Sudah dipastikan kita harus memiliki pedoman hidup jika kita ingin selamat dunia dan akhirat.
Jika tidak memiliki pedoman maka apa yang kita lakukan akan keluar dari jalur yang sudah paparkan dalam ajaran agama.

Orang sunda buhun ( jaman dulu ) sekalipun yang tidak pernah belajar agama mereka memiliki pedoman hidup yang selaras dengan ajaran agama. Mereka senantiasa mematuhi berbagai aturan dan selalu taat kepada pemimpinan.

Untuk mencapai kesempurnaan hidup mereka sangat memegang teguh istilah “ dipahing kaluar tina tetekon hirup “ yang artinya mereka pantang melanggar aturan yang telah ditentukan.
Berikut ini ada beberapa pedoman hidup yang dijalani orang sunda

Diatur ku jujur
Sebagai mana kita ketahui bahwa kejujuran adalah modal hidup paling utama. Berprilaku jujur itu tidaklah mudah tapi jika sudah terbiasa maka justru akan sulit jika kita tidak jujur. Semboyan orang sunda Hirup mah kudu diatur ku jujur yang artinya dalam menjalani kehdupan itu harus diatur atau dilandasi dengan kejujuran. Hal itulah yang menjadi kekuatan mereka untuk selalu menjalani kehidupan yang tidak berpura-pura baik.
Jika mereka melakukan kesalahan maka akan diakui dengan penuh tanggung jawab.

Dilatih ku kapeurih
Dalam kenyataannya hidup itu tidak selamanya berjalan sesuai keinginan. Tak jarng kita mengalami kesedihan, kesusahan, dan keterpurukan. Tapi bagi orang sunda hal tersebut justru menjadi ajang latihan untuk menempa karakter agar bisa matang dalam bermasyarakat. Dengan pedoman tersebut mereka menerapkan peribahasa Hirup mah kudu dilatih ku kapeurih yang artinya dalam hidup kita harus berlatih menghadapi berbagai kesulitan dan kesedihan.
Hal yang membuat mereka yakin adalah gambaran air yang bisa matang karena dipanaskan dengan api.

Ada juga istilah yang digunakan yaitu Lamun hayang boga peurah, kudu daek peurih. artinya jika kita ingin punya hasil maka harus mengalami ujian.

Disipuh ku karipuh
Pedomah hidup orang sunda yang selanjutnya yaitu kita harus siap ditempa dengan keadaan yang serba sulit, supaya dalam menjalani hidup kita sudah siap menjalani segala bentuk ujian dan cobaan.
Hirup mah kudu disipuh ku karipuh artinya hidup itu harus mengalami kesulitan. Hal ini akan membuat manusia lebih dewasa dalam menyikapi keadaan. Jika kita tidak pernah mengalami kesulitan dalam hidup, sudah bisa dipastikan tidak akan bisa bersikap dewasa dalam menyikapi keadaan.

Ditungtun ku santun
Hal lain yang sangat penting dan menjadi pedoman hidup orang sunda yaitu etika. Mereka selalu mengedepankan tata karma, sopan santun. Dengan peribahasa Hirup mah kudu ditungtun ku santun yang artinya dalam hidup itu harus dituntun oleh kesopanan. Jika hal itu bisa dijalankan maka tidak akan ada pertengkaran atau peperangan dikalangan umat manusia. Dalam menjalani hidup, orang sunda sangatlah menjunjung tinggi kesopanan. Hal itu bisa kita lihat di penerapan bahasa sunda yang bisa memilah dan memilih bahasa yang akan digunakan untuk dirinya dan bahasa yang akan disampaikan kepada orang lain.

Sobat panglipur, itulah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa di Pedoman hidup orang sunda bagian 2.

0 comments:

Post a Comment