KUPAS BUDAYA INDONESIA

Mengenal Budaya Sunda

mengenal budaya sunda
Sobat Panglipur – Budaya sunda merupakan salah satu budaya yang berasal dari Jawa Barat, atau dalam istilah lain disebut juga tatar pasundan dan biasa juga disebut tanah parahyangan ( priangan )

Budaya sunda merupakan salah satu budaya tertua yang ada di Indonesia. 

Beberapa hal yang menjadi ciri khas budaya sunda diantaranya, bahasa sunda, pakaian adat sunda, kesenian sunda, rumah adat sunda, makanan khas sunda dan masih banyak hal lain yang menggambarkan kekayaan budaya.

Dalam penggunaan bahasa keseharian meskipun masih dalam satu judul bahasa sunda, masih banyak perbedaan dari sisi dialek dari masing-masing wilayah. Seperti ada dialek sunda banten, dialek sunda priangan, dialek sunda pakidulan, dialek sunda kaleran, dialek sunda timur, bahkan ada sebagian yang menyebuatkan dialek sunda reang yaitu kebudayaan sunda yang berada di daerah jawa tengah.

Dalam bidang  kesenian juga bisa terlihat kekayaan nilai budaya yang terkandung. Meskipun dalam bentuk kesenian yang sama tapi disetiap penjuru tatar pasundan terkadang disebut dalam istilah yang berbeda.
Ada hal unik yang ditemui dalam keseharian masyarakat yang berada diwilayah perbatasan. Kita contohkan Cirebon yang merupakan wilayah Jawa barat yang notabene merupakan tatar pasundan tapi keseharian warganya menggunakan bahasa jawa meskipun tidaklah sama persis dengan bahasa jawa yang digunakan masyarakan Jawa Tengah. 

Didaerah perbatasan bagian tengah ada wilayah Jawa Tengah yang sangat kental dengan budaya Sunda yaitu daerah Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap. Meskipun mereka hidup diwilayah Jawa Tengah tapi masyarakat sama sekali tidak menggunakan bahasa jawa melaikan bahasa sunda dengan dialek dayeuhluhur atau yang terkadang disebut sunda reang.
Yang paling unik hampir mayoritas masyarakat tidak mengenal budaya jawa, karena total kebudayaan yang ada adalah kebudayaan sunda.

Bagian selatan ada daerah Langensari Kota Banjar merupakan wilayah yang berada di daerah jawa barat atau biasa sidebut priangan timur. Keseharian masyarakat dari mulai bahasa dan kesenian sudah terpengaruh budaya jawa tengah. Mereka menggunakan Bahasa Jawa banyumasan atau disebut juga Jawa Ngapak.

Disitulah letak kekayaan budaya sunda yang bisa kita lihat, rasakan dan buktikan.
Semoga kita bisa semakin mencintai budaya yang ada di Indonesia, dan jangan sampai tersisih oleh budaya luar.
Sobat panglipur, rupanya itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan.

0 comments:

Post a Comment